Ciri-ciri Air Minum Yang Bersih dan Sehat

1

Setiap orang pastinya membutuhkan air minum, karena tubuh kita terdiri dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan pun sangatlah tinggi. Setiap harinya, tubuh manusia itu membutuhkan 5-8 gelas air.

Manfaat Air minum sehat bagi tubuh sangatlah banyak, air dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan menghindari tubuh dari dehidrasi.

Dengan manfaatnya yang begitu besar, kebutuhan akan air pun semakin besar. Namun, kita sebagai manusia yang membutuhkan air tidak boleh sembarangan meminum air karena tidak semua air bersih dan sehat.

Air yang bersih serta sehat memiliki ciri-ciri khusus, apa saja ciri-cirinya? simak informasi selengkapnya berikut ini.

  1. Syarat Fisik

Untuk melihat apakah air yang akan kita minum bersih dan sehat, pertama-tama lihat bentuk fisiknya. Bentuk fisik pada air yang sehat dan bersih meliputi beberapa hal, yang pertama adalah warna.

Untuk air yang bersih dan siap diminum harus bening, tidak keruh dan tidak memiliki warna apapun kecuali putih bersih layaknya air pada umumnya.

Selain dari warna, bau atau aroma juga menjadi faktor penentu apakah air yang akan kita minum bersih dan sehat. Air yang layak minum seharusnya tidak berbau, karena bau bisa ditimbulkan oleh adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan kemungkinan merupakan akibat tak langsung dari pencemaran lingkungan.

Disamping itu, rasa air minum yang bersih dan sehat memiliki rasa tawar khas air dan tidak berasa. Adanya rasa lain pada air, menandakan adanya kandungan lain dalam air, jika getir di lidah kemungkinan mengandung zat yang tidak baik bagi kesehatan.

  1. Syarat Kimia

Ciri air bersih dan sehat selanjutnya adalah syarat kimia dimana hal ini mencakup air tidak mengandung racun misalnya tidak mengandung zat Pb atau timah. Oleh karena itu, untuk menghindari air tercemar bahan kimia dan sebagainya yang dapat membahayakan kesehatan, dianjurkan untuk tidak menggunakan pipa berbahan timah. Air yang layak minum juga harus memenuhi standar yaitu mengandung 6,5-9,2, serta cukup yodium.

  1. Syarat Bakteriologis

Syarat yang terakhir adalah berhubungan dengan kandungan  mikroorganisme atau jasa renik di dalam air minum. Dalam 1cc air minum jumlah kuman harus kurang dari 100 kuman dan tidak boleh mengandung bakteri E.Coli yaitu bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan juga bakteri pathogen.

Itulah beberapa ciri-ciri dari air minum yang bersih dan sehat. Untuk Anda yang ingin selalu sehat, minumlah air dari embun alami dalam kemasan  botol yang kini sudah tersedia di manapun seperti Purence yang 100% air embun sehat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website